Ahmadiyah se-dunia Turut Membantu Kemerdekaan Indonesia


Pada akhir tahun 1945, tepatnya hari Selasa Legi tanggal 10 Januari 1946 tersiar sebuah pernyataan dari Imam Jemaat Ahmadiyah yang dimuat dalam surat-surat kabar antara lain: Kedaulatan Rakyat Jogjakarta, harian Merdeka Jakarta dan lain-lain yang disiarkan oleh Kantor Berita Antara dengan judul:
MEMPERHEBAT PENERANGAN TENTANG REPUBLIK INDONESIA DI LUAR NEGERI. GERAKAN AHMADIYAH TURUT MEMBANTU

“Betapa besarnya perhatian gerakan Ahmadiyah tentang perjuangan kemerdekaan bangsa kita dapat diketahui dari surat-surat kabar harian dan risalah-risalah dalam bahasa urdu yang baru-baru ini diterima dari India. Dalam surat-surat kabar tersebut, dijumpai banyak sekali berita-berita dan karangan-karangan yang membentangkan sejarah perjuangan kita, soal-soal yang berhubungan dengan keadaan ekonomi dan politik negara, biografi pemimpin-pemimpin kita, terjemahan dari Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia dan lain-lain.”

Selain itu tercantum pula beberapa pidato yang panjang lebar, mengenai seruan dan anjuran kepada pemimpin-pemimpin negara Islam, supaya mereka dengan serentak menyatakan sikapnya masing-masing untuk mengakui berdirinya pemerintahan Republik Indonesia. Hal yang mengharukan ialah suatu perintah dari Mirza Basyiruddin Mahmud Ahmad, pemimpin gerakan Ahmadiyah kepada pengikut-pengikutnya di seluruh dunia yang berjumlah lebih kurang dua juta orang,supaya mereka selama bulan September dan Oktober yang baru lalu ini (1946) tiap-tiap hari Senin dan Kamis berpuasa memohon do’a kepada Allah Ta’ala guna menolong bangsa Indonesia dalam perjuangannya memberi (kekuatan) di dalam hati musuhnya serta tercapainya sekalian cita-cita bangsa Indonesia”.
Ketika diadakan peringatan genap satu tahun berdirinya Republik Indonesia pemimpin tersebut menurut harian Al Fazl

Berpidato antaranya sebagai berikut:
“Jika bangsa Indonesia akan mendapat kemerdekaannya 100%, tentulah hal itu akan berfaedah dengan dunia Islam. Untuk hal itu ada baiknya jika negara-negara Islam pada masa ini dengan serentak memperdengarkan suaranya untuk mengakui kemerdekaan Indonesia serta meminta negara-negara lain juga mengakuinya. Selain itu saya berharap supaya seluruh mubaligh (utusan) Ahmadiyah yang kini ada di India dan di luar India, yaitu Palestina, Mesir, Iran, Afrika, Eropa, Kanada, Amerika Serikat, Amerika Selatan dan lain-lain mendengungkan serta menulis dalam surat-surat kabar harian dan majalah-majalah yang mereka keluarkan, karangan-karangan yang berhubungan dengan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, khususnya meminta kepada negara-negara Islam untuk membantu bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya. Soal kemerdekaan Indonesia harus tiap-tiap waktu didengung-dengungkan, supaya negar-negara di dunia ini memperhatikan hal itu. Sudah menjadi haknya bangsa Indonesia untuk merdeka di masa ini. Bangsa ini adalah bangsa yang maju, memiliki peradaban yang tinggi dan memiliki pemimpin-pemimpin yang bijaksana. Mereka adalah suatu bangsa yang besar dan bersatu. Bangsa Belanda yang jumlahnya kecil sekali-kali tidak berhak untuk memerintah mereka”. []

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: