Pasca SKB: Pembongkaran Masjid & Musholla Serta Penyegelan


Sekelompok massa yang diperkirakan berjumlah 50 orang mendatangi masjid Baiturrahim, RT 03/RW 05, Kampung Kebonmuncang, Ds. Parakansalak, Sukabumi, Jum’at Sore 8/8/2008 sekitar pukul 16.00 WIB. Warga yang berasal dari tiga RT sekitar masjid itu langsung membongkar genting dan mencopoti jendela & pintu masjid. Menurut beberapa saksi mata, kebanyakan dari mereka menggunakan tangan kosong. Sedangkan jika dilihat dari tayangan video, ada dari antara massa yang membawa palu.

Menurut para saksi, para pembongkar masjid itu antara lain:
(1) Warga Desa Lebaksari (RT 02/RW 03 & RT 03/RW 03) berada di sebelah selatan masjid Jami Nurul Hidayah.
(2) Warga Desa Parakansalak (RT 03/05) berada di sebelah barat Masjid BaiturRahim.

Akibatnya kini masjid itu tak bergenting, berpintu dan berjendela lagi. Selain itu pula karena Perpustakaan Arif Rahman Hakim (2 x 1 m) dan Kantor cabang (1 x 1,5m) itu satu bangunan dengan masjid, maka Arsip lama cabang berserakan dan perpustakaan pun terlihat rusak parah. Namun untungnya buku-buku perpustakaan dan komputer cabang sudah dipindah ke tempat yang lebih aman.

Dalam wawancara dengan ketua Jemaat Lebaksari, Pak Subur (9/8/2008 di Desa Parakansalak) ia menceritakan, ketika ia sedang ada di rumah, ia didatangi tiga orang wakil dari tiga RT itu. Mereka sepakat mendesak ketua, “pokoknya, bisa tidak bisa, Masjid itu harus dibongkar.”

“oi… nanti dulu, saya kan punya pimpinan!” jawab Subur. “saya harus sampaikan dulu ke pimpinan saya”

“Pak Subur! Kalau nyampein ke pimpinan pak Subur, mah lama lagi!” timpal salah satu perwakilan RT itu. Tapi rupanya ketika dialog itu berlangsung, di lain tempat, mereka sudah menurunkan genting masjid.

Subur mengatakan, “Jadi mereka itu hanya memberitahukan akan melaksanakan pembongkaran, bukannya untuk negosiasi, buktinya ketika tiga wakil itu datang, masjid sedang dibongkar.”

Setelah selesai membongkar masjid yang berukuran 10 x 10 m itu, mereka langsung berjalan naik ke arah utara melewati jalan kecil yang menanjak diantara persawahan. Tiga ratus meter mereka harus menanjak dari Masjid Baiturrahim untuk mencapai Musholla Baituddo’a, Kampung Pondok kelapa, Ds. Parakansalak, Sukabumi. Sesampainya di sana, mereka diduga langsung menaiki sebelah belakang (utara) musholla yang berukuran 4 x 8 meter itu. Mereka langsung membongkar sebagian genting asbes dan mencopot dua pintu dan tiga jendela. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Malam harinya, sekitar pukul 19.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB, menurut beberapa saksi (Ipul dan Mursid) beberapa orang dari polsek dengan bantuan dari beberapa anak muda, mereka membereskan puing-puing sisa pembongkaran, bahkan masjidnya dipel padahal belum ada olah TKP.

Dengan kejadian ini diklaim oleh Ketua Jemaat Lebaksari bahwa dengan kejadian ini, Jemaat mengalami kerugian sebesar 15 Juta rupiah.
Saat ini laporan ini ditulis [11/8/2008] Masjid dan musholla yang dibongkar itu masih dipasangi garis polisi.

Ternyata, tidak puas dengan pembongkaran masjid dan musholla itu, puluhan warga yang berasal dari parakansalak, menurut Mursid, menyegel Musholla BaiturRahman, Senin, 11/8/2008 antara pukul 23.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB dini hari (12/8/2008).

Musholla itu disegel pintunya dengan menggunakan palang kayu, dan masjid pun tulisi dengan cat merek pilox biru dengan tulisan “disegel”. []

    • puji
    • Agustus 16th, 2008

    SAYANG DI INDONESIA INI YANG KATANYA RAKYAT TOLERAN… TERNYATA TIDAK SESUAI KENYATAAN, SAYA KECEWA DENGAN HAL INI… MEMANG BUTUH WAKTU MEMBUAT RAKYAT MENGERTI… DAN MEMAHAMI PERBEDAAN…..

    • dildaar
    • Agustus 17th, 2008

    assalamu ‘alaikum,

    Terus Berjuang akhi

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: